-->
close

Mobil Lama Ngandang di Garasi Akibat PPKM, Ini Ceklist Pemeriksaan Supaya Tidak Bermasalah

cara memeriksa mobil sendiri

Otojatim.com - Belum juga meredanya wabah Covid-19 yang masih tinggi, pemerintah pusat menerapkan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk wilayah Jawa dan Bali. Hasilnya banyak karyawan kantor dan pebisnis non-esensial harus tinggal di rumah selama masa berlakunya PPKM.


Akhirnya banyak kendaraan terpaksa ngandang di garasi karena mobilitas terhenti.

Perlu diketahui bila posisi engine off cukup lama, tidak berarti terus baik-baik saja. Akan ada kemungkinan timbul kendala bila jarang diperiksa.
Baca:
“Mobil berdiam lama dan jarang dipakai tidak membuat performanya makin bagus. Apalagi posisi diam di area terbuka, akan berisiko terpapar langsung terik matahari dan air hujan. Akibatnya cat mobil akan  terlihat kusam, suku cadang berkarat sampai-sampai jadi sarang tikus atau ular,” ungkap Samsudin, Aftersales Support PT Astra International - Peugeot.
Berkeliling memanaskan kendaraan
Nah, mumpung ada waktu senggang sebaiknya pemilik kendaraan memantau kondisi mobilnya. Terutama yang dibiarkan di area terbuka, rajin-rajinlah mencuci mobil. Periksa juga kondisi sekitar area mesin apakah terlihat bekas sarang hewan. Karena binatang binatang pengerat rawan sekali merusak komponen terutama kelistrikan.
Baca:
Disarankan tetap untuk memanasi mesin dan menjalankan mobil walau sebentar. Tidak perlu jauh-jauh, cukup di area komplek perumahan saja. Ini bertujuan agar profil tapak ban yang lama diam tetap dalam kondisi normal.
Tabel Tekanan BanDaftar tekanan ban

“Ambil contoh bila mula-mula tapak ban ada di posisi paling bawah, ya musti diputar posisinya. Ini supaya profil semua tapak ban mobil tetap bundar alias tidak peang,” jelas Samsudin lebih lanjut.

Benefit lain dari menjalankan mobil sebentar saja juga banyak. Antara lain sekalian langsung mengecek fungsi dari rem mobil. Fungsi power steering juga dapat dirasakan jika ada kendala.
Baca:
“Cara ini juga bisa sekaligus memantau fungsi aki serta komponen kelistrikan lain seperti headlamp, foglamp, lampu senja dan lampu indikator lain. Juga fungsi wiper, power window dan audio sistemnya,” imbuhnya.

Satu lagi, mobil lama tidak jalan biasanya tekanan angin ban sering berkurang. Cek list.

“Data ukuran tekanan angin ban mobil Peugeot bisa dilihat pada bodi mobil bagian kiri. Tepatnya area dalam pintu pengemudi,” akhir penjelasan Samsudin sambil mewanti agar selalu membebaskan tuas handbrake dan membiasakan mengganjal roda.(*)
LihatTutupKomentar