Tips Astra Peugeot: Mencegah Celaka Saat Mendongkrak Mobil

posisi tumpuan dongkrakPosisi tumpuan dongkrak

Otojatim.com - Ada hal yang harus diperhatikan saat akan mendongkrak kendaraan agar tidak menimbulkan kejadian fatal ketika melakukannya. Karena apabila dianggap sepele, bisa-bisa mobil akan meluncur saat didongkrak karena salah posisi tumpuan saat kendaraan diangkat.

Agar tidak terjadi kesalahan saat mendongkrak mobil terutama pada keadaan darurat, misalnya harus mengganti ban ketika dalam perjalanan, berikut ini tips sederhana yang dapat dilakukan.

“Pertama yang harus dilakukan adalah memarkir kendaraan pada area yang datar dan keras. Kemudian posisikan dongkrak mobil pada titik dongkrak yang telah ditentukan seperti dijabarkan di dalam manual book,” tutur Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Konstruksi sasis mobil umumnya menggunakan tipe monocoque, seperti mobil Peugeot di mana pabrikan mobil ini sudah menentukan 4 titik sebagai tumpuan dongkrak yang aman pada sasis.

Selain itu pada mobil Peugeot, biasanya terdapat stiker larangan area komponen yang tidak disarankan sebagai titik tumpu ketika mendongkrak. Seperti contoh di area rumah as gardan belakang.
posisi tumpuan dongkrak pada sasisPosisi tumpuan dongkrak pada sasis

Untuk mobil yang memiliki titik tumpu pada rocker panel bodi, biasanya terletak pada bagian samping di bawah side skirt. Titik tumpu ini juga diberikan sebuah tanda khusus guna mudah ditemukan.

Mengenai posisi pastinya, apabila ingin mendongkrak roda bagian depan, biasanya letak titik tumpunya terletak di belakang ban depan. Sebaliknya untuk ban belakang, letak titik tumpu ini biasanya terletak pada depan ban belakang.

Jenis mobil yang menggunakan titik tumpu rocker panel bodi biasanya ada di tipe sedan, city car, hatchback, low MPV, dan low SUV. Lalu untuk titik tumpu mobil-mobil SUV, khususnya SUV dengan sasis ladder frame.

“Makanya saat dongkrak bagian depan disarankan andalkan tulang sasis paling kuat atau gardan roda sebagai titik tumpunya. Sementara untuk roda belakang disarankan menggunakan axle roda belakang sebagai titik tumpunya,” tambah Rafi’i.

Menentukan titik tumpu pada bagian ini memang jauh lebih sulit dibandingkan pada rocker panel bodi. Oleh karena itu, pemilik mobil harus lebih hati-hati dan lebih cermat dalam menentukan titik tumpu. Dan jika titik tumpu sudah ditentukan, ban yang tidak terangkat mesti diganjal agar mobil tidak bergerak.

Pastikan, mobil dalam posisi terdongkrak jangan terlalu lama. Dikhawatirkan kekuatan dongkrak tidak memadai apabila digunakan terlalu lama untuk menahan atau menggantung mobil.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi