Tips Peugeot: Cara Lepas Pasang Ban Agar Terhindar Baut Roda Mobil Slek

baut roda mobil slek

Jakarta, Otojatim.com - Saat melakukan perawatan dan perbaikan mobil, terkadang perlu membuka dan memasang baut roda. Meski baut pengikat roda terlihat biasa saja, namun menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan.

Ketika kita perlu melepas atau memaasang baut roda, pastikan kunci roda yang akan digunakan sudah sesuai dengan ukuran baut roda yang terpasang. Kenapa harus sesuai?

Sejarah Setir Mobil Peugeot. Mulai Jadul Sampai Tercanggih

“Melepas dan memasang baut memang erlihat sepele tetapi tetap ada aturannya. Salah sedikit atau ada perbedaan penggunaan alat kerja bisa membuat baut menjadi dol,” tukas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot.

Awalnya dari baut slek (dol) tadi, biasanya akan mudah dihinggapi karat di seputar baut. Sebenarnya untuk mengatasi hal itu bisa menggunakan produk cairan penetran. Tapi ada kemungkinan akan membuat performa baut pengencang roda tersebut tidak optimal.

Mobil Reli Peugeot 3008 DKR Berbagi Platform Dengan Versi Jalan Raya. Bisa Juara Meski FWD

Saat harus melepas atau memasang baut, sebaiknya mengikuti aturan yang dilakukan di bengkel resmi Astra Peugeot. Tahapan awal yang harus dilakukan ketika akan melepas baut roda adalah, melepaskan dulu dop (penutup) baut roda dengan tool penjepit.

“Tool penjepit yang berwarna kuning sudah ada di toolbox. Untuk melepas - memasang baut roda berjumlah 4 atau 5 pcs pada tiap varian Peugeot, pergunakan kunci roda yang ada pada mobil. Biasanya menggunakan kunci roda ukuran 17 atau 19,” imbuhnya.

Peugeot HYBRID4 500KW: Kembalinya Singa Penakluk Kejuaraan Endurance Racing

Kemudian yang harus diperhatikan ketika memasang baut roda, putar pengunci menggunakan jari tangan terlebih dahulu. Ini supaya untuk memastikan baut sudah di posisi alur ulir pada rumah roda sudah tepat.

“Hindari mengencangkan mur yang ditempatkan langsung pada rumah kunci roda. Cara ini berisiko drat pada Mur-mur mudah tergerus. Adanya kesalahan pertemuan antara alur ulir mur berpotensi tidak sesuai pada akhirnya. Sehingga Mur roda tidak bisa dikencangkan,” pesan Samsudin.

New Peugeot 2008 Menjadi SUV Terbaik Pada Car Of The Year

Penyebab lain kerusakan mur roda bisa juga disebabkan oleh tindakan yang salah ketika proses melepas dan memasang. Contihnya menggunakan kaki atau dengan bantuan pipa bulat. Bila posisinya tidak center, cara seperti itu justru menyebabkan bagian luar Mur dol pasca momen puntir berlebihan.

Padahal, cara paling tepat adalah menggunakan kunci momen (torque wrench). Dengan menggunakan alat ini, bisa dipastikan kekencangan mur disesuaikan dengan kebutuhan. Hanya saja alat ini bukan peralatan standar di mobil. Untuk menyisatinya cukup dengan kekuatan tangan hingga maksimal, atau pakai batang kunci roda sesuai ukuran standar pabrik.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi