iklan jual beli mobil

Tips Peugeot: Cara Tepat Memilih & Menyimpan Alat Pemadam Api Ringan di Mobil

  • Masih banyak konsumen yang belum tahu peraturan APAR di mobil. Padahal ini penting sekali dipahami sebelum memproteksi kendaraan dengan alat pemadam api ringan. 


Jakarta, Otojatim.com - APAR atau Alat Pemadam Api Ringan wajib ada di mobil. Baik mobil lawas atau mobil terbaru sekalipun memiliki resiko kebakaran.

"Produk baru Peugeot SUV seperti 2008, 3008 & 5008 Allure Plus dan Active yang sudah dibeli konsumen kita lengkapi APAR khusus untuk mobil. Biasanya ukuran 0,5 kg dengan spesifikasi yang sama dengan APAR ukuran besar. Terbuat dari besi, ada alat ukur (Pressure Gauge) dan bisa diisi ulang jika isinya sudah kadaluawarsa," kata Fadjar Tjendikia, Peugeot After Sales Head.


Untuk kendaraan Peugeot produksi lama, Fadjar menyarankan untuk tetap menempatkan APAR di dalam mobil.


APAR yang digunakan boleh portable sekali pakai, atau beli yang bisa diisi ulang.

Menurut Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor, APAR merupakan benda wajib yang harus ada di dalam mobil.


"Tapi jangan sampai salah pilih alat pemadam ya. Karena APAR di mobil dengan APAR untuk gudang, mall, dan rumah tangga itu beda. Agar mendapatkan jenis dan ukuran maksimal yang tepat, APAR powder 1 kilogram adalah alat pemadam rekomendasi terbaik untuk di mobil," kata Fadjar.


Pada peraturan pemerintah juga disebutkan kriteria APAR yang baik. Yakni bahan pemadam tidak beracun, bisa memadamkan kebakaran kelas ABC, memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama, hingga penempatan di titik yang mudah dijangkau pengemudi.

Di bawah jok pengemudi merupakan tempat yang cocok untuk meletakkan APAR. Ikatkan tabung pemadam dengan kuat di penyangga atau bracket sehingga APAR tidak lepas dengan kondisi mobil yang bergerak.


APAR di kendaraan bukan sekadar perlengkapan tambahan, melainkan suatu investasi dalam keselamatan. 


Dengan memiliki APAR, pengemudi tidak hanya melindungi diri sendiri dan penumpang, tetapi juga dapat berperan aktif dalam mencegah kerugian lebih besar akibat kebakaran. 


Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa alat pemadam api selalu tersedia dan dalam kondisi baik saat berkendara.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi