iklan jual beli mobil

Tips Peugeot: Jangan Asal Modif Mobil, Resikonya Bisa Kebakaran

  • Modifikasi sembarangan bisa mengancam sistem kelistrikan Peugeot, sekalipun standar keamanan pabrikannya sudah bagus. Ini yang harus diperhatikan sebelum mengkustom mobil Anda.


Jakarta, Otojatim.com - Modifikasi mobil erat kaitannya dengan mengubah sistem kelistrikan, seperti mengganti atau menambah lampu-lampu, klakson, audio dan alarm.

Namun perlu diperhatikan, modifikasi yang berhubungan dengan kelistrikan sebaiknya jangan dilakukan sembarangan.


Hal ini disampaikan oleh Roni Agung, Kepala Bengkel Peugeot Cilandak, Jakarta Selatan. 


"Sistem kelistrikan merupakan bagian paling vital untuk menjalankan semua proses kerja yang ada di kendaraan. Mulai dari penyalaan mesin, fitur keselamatan, sistem pembakaran, pengereman, pendinginan, bahkan untuk media komunikasi dan hiburan. Maka jika ingin lakukan penambahan aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu ke bengkel resmi," jelas Roni.

Kesalahan dalam memodifikasi sistem kelistrikan bisa berujung kebakaran. Meskipun standar kelistrikan bawaan sudah baik, namun penambahan komponen aftermarket di jalur kelistrikan yang tidak tepat bisa menimbulkan percikan api.


Hal ini juga bisa terjadi pada mobil Peugeot Anda. Terutama jika pemasangan jalur power secara langsung ke positif  baterai dilakukan tanpa melewati sekring kendaraan. Ini dapat menyebabkan timbulnya arus berlebih yang menyebabkan kabel meleleh dan terjadi kebakaran. 


Apa lagi jika menggunakan kabel yang tidak sesuai. Misalnya jika kabel terlalu kecil tetapi arus listrik yang mengalir terlalu besar, tentu ini akan membuat kabel terbakar.


Korsleting juga bisa timbul dari kabel yang terkelupas atau lepas, sehingga kabel power menempel di jalur ground. Inilah yang kerap terjadi saat memodifikasi jalur kelistrikan. Alhasil sekring atau fuse terputus membuat semua komponen kelistrikan tidak bisa beroperasi maksimal. 

Selain itu, menambahkan komponen aftermarket selain komponen standar juga berisiko meningkatkan beban kelistrikan.


Daya yang digunakan untuk menyuplai tiap komponen kelistrikan kendaraan menjadi lebih besar, sehingga berdampak pada aki menjadi lebih cepat habis dibandingkan biasanya.


Melihat semua resiko ini, maka penting sekali untuk berkonsultasi dengan tim ahli di bengkel resmi Peugeot sebelum mendandani mobil Anda dengan berbagai aksesoris tambahan.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi