iklan jual beli mobil

Tips Peugeot: Cara Rawat Aki yang Benar Supaya Mobil Gak Cepat Rusak

  • Baterai atau aki kerap disepelekan perawatannya. Padahal perannya sangat penting, terutama pada kendaraan Peugeot yang mayoritas menggunakan electronics fuel injection. Lalu, bagaimana cara merawat aki yang benar?


Jakarta, Otojatim.com - Sebagai bagian dari layanan after sales, Peugeot memberikan edukasi pada konsumen terkait baterry (aki).

Mengganti aki secara rutin kerap disepelekan karena dianggap mudah. Padahal tak jarang malah menimbulkan masalah. Paling parah, problem terjadi pada ECU mesin yang menyimpan kode immobilizer untuk otorisasi hidupnya mesin.


Padahal type mobil Peugeot hampir semuanya sudah menggunakan sistem electronics fuel injection, dimana untuk pengaturan kerja mesin semuanya diatur oleh Electronic Control Unit (ECU) dan sensor-sensor. Aki merupakan satu-satunya sumber energi pemasok sistem kelistrikan untuk menjalankan insrumen yang ada. Jadi, terbayang ya seberapa krusialnya perawatan aki bagi mobil-mobil Peugeot.

 

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, Peugeot memberikan informasi mengenaim gejala-gejala kerusakan yang disebabkan oleh aki.


“Setiap kendaraan yang masuk ke bengkel resmi Peugeot, kondisi akinya selalu diperiksa menggunakan Midtronics,” kata Roni Agung, Kepala Bengkel Peugeot Cilandak, Jakarta Selatan.

 

Midtronics berfungsi untuk memeriksa kesehatan aki. Dari alat ini diketahui kategori kondisi aki, apakah Good Battery, Replace Battery, Charge Battery, atau Battery Short Circuit. 

Good Battery adalah kondisi aki yang masih sangat baik. Sedangkan Replace Battery berarti kondisi aki sudah lemah dan harus segera diganti. Lalu, Charge Battery menunjukkan kondisi aki sudah lemah tapi masih bisa dicas.Sementara untuk Short Circuit merupakan kondisi aki mengalami korsleting di dalam sehingga harus segera diganti.


“Hasil dari pemeriksaan tersebut akan di serahkan  ke pelanggan. Jika hasilnya Replace atau Short Circuit kami menyarankan pelanggan untuk mengganti aki nya agar kendaraan tidak mengalami masalah di jalan," tambah Roni.

Proses penggantian aki harus dengan prosedur yang benar. Hubungi bengkel resmi Peugeot dan Layanan Emergency Road Assistance dari Astra World jika kendaraan mengalami mogok yang disebabkan oleh baterai atau aki.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi