Cara Pakai Fitur Cruise Control dan Speed Limiter di Peugeot 3008 & 5008

  • Fitur Cruise Control dan Speed Limiter pada Peugeot 3008 & 5008 berfungsi meringankan tugas pengemudi dalam hal mengatur kecepatan. Berikut adalah cara penggunaanya.

Jakarta, Otojatim.com - Peugeot 3008 & 5008 yang merupakan entry level entry di jajaran SUV premium Peugeot,  menawarkan fitur kenyamanan dan keselamatan tingkat tinggi. Diantaranya Cruise Control dan Speed Limiter.


Fitur Cruise Control dan Speed Limiter dirancang dalam satu tuas alias satu genggaman. Dimana posisi tuas tersebut berada di balik kemudi sebelah kiri.


“Cruise Control saat ini sudah banyak disematkan pada mobil keluaran terbaru. Fitur ini membuat mobil bisa melaju dengan kecepatan stabil tanpa harus menginjak pedal gas terus menerus. Jadi tugas driver lebih ringan karena bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat,” kata Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter.


Fitur Cruise Control pada Peugeot baru bisa aktif jika mobil melaju dalam kecepatan minimum 40 km/jam. Sebelum mengaktifkan Cruise Control, pengendara harus melihat kondisi jalan di sekitar. Fitur ini tidak bisa diaktifkan di jalan yang padat karena akan membahayakan kendaraan lain. 


Cara penggunaannya cukup mudah. Geser saklar pada tuas dari posisi "Off" ke posisi "Cruise". Layar MID akan menampilkan logo Cruise Control. Maka secara otomatis mobil akan melaju sesuai kecepatan terakhir saat tombol ditekan.

“Pada tuas Cruise Control, juga tersedia tombol (+) dan (-) yang berfungsi untuk meningkatkan atau mengurangi kecepatan mobil saat fitur ini aktif. Untuk mengakhirinya cukup menginjakkan kaki ke pedal rem, maka secara otomatis kendali mobil kembali kepada pengemudi,” terang Rafii.


Masih di tuas yang sama, jika driver memposisikan sakelar ke posisi "Limit", maka akan masuk ke fungsi fitur Speed Limiter. Fitu ini berfungsi untuk menahan atau membatasi laju mobil sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan pengemudi.


Misalnya, speed limiter diaktifkan untuk minimal kecepatan 30 km/jam dan maksimal 120 km/jam. Untuk menaikkan atau menurunkan batas kecepatan, gunakan tombol yang ada di atas-bawah tuas. Tanda ke atas (+) untuk menambah batas kecepatan dan ke bawah (-) untuk menurunkannya.


Ketika batas kecepatan maksimum sudah dipilih, maka mobil hanya bisa melaju hingga batas kecepatan tersebut. Meskipun pedal gas ditekan, mobil tidak akan melaju lebih cepat lagi. Fitur ini juga akan memberikan alarm peringatan jika driver terdeteksi ingin melampaui speed limit.


Untuk mematikan fungsi Speed Limiter tersebut, tinggal geser sakelar kembali ke posisi "Off". 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi