Solusi Peugeot Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang Meski Tidak Ngebul

oli berkurang tapi tidak ngebul

Jakarta, Otojatim.com - Ketika melakukan perjalanan jauh seperti pada arus mudik, lantas oli mesin mobil menjadi berkurang saat digunakan. Kejadian tersebut merupakan hal yang wajar. Namun bila berkurangnya sangat berlebihan, seperti ini bisa menimbulkan masalah pada kendaraan.

Sebab oli mempunyai peran vital bagi kendaraan yaitu melapisi antar-komponen saat bergesekan supaya tidak cepat aus dan rusak.

Ada Promo Flush Oli Matic Di Astra Peugeot, Bukan Sekadar Ganti Pelumas Girboks. Ini Bedanya

“Berkurangnya volume oli mesin yang disebabkan pemakaian normal adalah wajar. Namun ada beberapa penyebab terjadinya banyak pengurangan oli mesin saat digunakan yaitu ketika menggunakan oli mesin yang kualitasnya kurang bagus atau juga tidak sesuai spesifikasi kendaraannya,” tutur Samsudin, Aftersales Support PT Astra International - Peugeot.

Oli mesin yang baik dan sesuai spek akan mengurangi penguapan oli ketika digunakan. Hasilnya, pengurangan oli yang berlebihan bisa diatasi.

Pemilik Peugeot 3008 Disarankan Menggunakan Oli Dengan Spesifikasi Ini

Selain itu, hal lain yang menjadi penyebab terjadinya pengurangan oli secara berlebihan adalah adanya kebocoran oli dari seal atau packing pada bagian engine kendaraan. Ini sangat penting untuk diperhatikan apalagi jika kebocoran oli sudah sangat parah.

Penyebab lain adalah ring piston dan seal klep yang sudah mulai rusak sehingga oli mesin ikut terbakar, ataupun adanya goresan pada dinding cylinder mesin yang membuat oli mesin berkurang.

Perhatikan Volume Pelumas Agar Kondisi Kendaraan Selalu Prima

Meskipun tidak mengeluarkan asap putih pada knalpot, namun hal ini sangat perlu diperhatikan sebagai gejala ringan adanya kebocoran oli pada ruang bakar yang disebabkan oleh komponen tersebut. Jika terlampau parah kerusakannya kemungkinan mesin akan ngebul dan timbul asap putih yang keluar dari knalpot.

“Sangat penting untuk memeriksa level oli mesin yang digunakan agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Bila sudah ada indikasi oli mesin berkurang terus-menerus, segera konsultasikan ke bengkel resmi,” pungkasnya.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi